Villarreal Terancam Sanksi Akibat Tindakan Rasis Supporternya Terhadap Dani Alves

Villarreal Terancam Sanksi Akibat Tindakan Rasis Supporternya Terhadap Dani AlvesVillarreal Terancam Sanksi Akibat Tindakan Rasis Supporternya Terhadap Dani Alves – Aksi pelemparan pisang dari fans Villarreal pada pertandingan yang mempertemukan tim tuan rumah Villarreal dengan tim raksasa Barcelona pada beberapa pekan yang lalu akhirnya berbuntut panjang dimana klub yang bermarkas di El Madrigal ini dipastikan akan mendapatkan sanksi dari komisi disiplin federasi sepak bola Spanyol karena tindakan dari supporternya tersebut yang sudah melukai asas fair play di sepak bola.

Insiden itu sendiri terjadi pada pertandingan yang berlangsung di El Madrigal dimana kala itu Barcelona berhasil meraih kemenangan dengan skor akhir 3 – 2 dan membuat Barcelona berhasil mendekati raihan poin dari Atletico Madrid di puncak klasemen.

Kejadian berawal ketika Dani Alves akan melakukan sepak pojok di pinggir lapangan dimana tiba – tiba fans Villarreal melemparkan pisang ke depan Dani Alves yang langsung ditanggapinya dengan mengambil pisang tersebut dan memakannya sebagai tindakan perlawanan Alves terhadap tindakan rasis yang ia dapatkan dari fans Villarreal tersebut. Aksi dari Alves itu sendiri mendapatkan simpati dari banyak orang terutama rekan – rekannya sesama pesepak bola yang usai pertandingan tersebut ramai – ramai mengupload foto mereka di akun media sosial masing – masing dengan pose sedang memakan pisang dan menambahkan hashtag yang bertuliskan ‘#kamisemuaadalahmonyet’ sebagai bentuk dukugan kepada tindakan rasis yang baru saja di dapatkan oleh Alves.

Meski pihak Villarreal sendiri sudah mengambil tindakan tegas dengan memberikan hukuman pencabutan tiket musiman fans tersebut sekaligus melarangnya datang ke stadion seumur hidup namun ternyata sanksi yang diberikan pihak manajemen Vilareal itu sendiri sepertinya masih belum cukup dan karena itu pihak federasi sepak bola Spanyol kini sedang mempertimbangkan untuk memberikan sanksi berupa penutupan sejumlah tribun stadion markas dari Villarreal tersebut. Namun keputusan final sendiri masih belum dijatuhkan karena pihak federasi sepak bola Spanyol sendiri hingga saat ini masih terus melakukan rapat – rapat untuk menentukan hukuman apa yang akan mereka terapkan kepada Villarreal terkait dengan tindakan rasis supporternya tersebut.

Selain kemungkinan besar akan mendapatkan sanksi berupa penutupan sejumlah tribun stadion Villarreal juga dikabarkan akan dikenakan sanksi 10 ribu euro akibat kasus tersebut. Beberapa waktu yang lalu Presiden FIFA Sepp Blatter sendiri sempat mengatakan bahwa dirinya akan mencoba menerapkan hukuman yang jauh lebih berat seperti penguranagan poin atau bahkan degradasi langsung kepada tim yang diketahui melakukan tindakan rasis.

Hal ini sendiri mendaptakan dukungan dari beberapa orang di jajaran tinggai federasi sepak bola tertinggi di Eropa yakni UEFA yang menyetujui hukuman tersebut diberlakukan karena menurut mereka hukuman terberat memagn sepertinya pantas di dapatkan oleh mereka – mereka yang kedapatan melakukan tindakan rasisme.