Stadion Nou Camp Kemungkinan Tinggal Kenangan

Stadion Nou Camp Kemungkinan Tinggal Kenangan

Stadion Nou Camp Kemungkinan Tinggal Kenangan – Juara bertahan La Liga Barcelona kemungkinan besar siap meninggalkan makas kebanggaan mereka saat ini Nou Camp. Hal ini diungkapkan oleh dewan direktur klub Barcelona yang akan segera memutuskan pada awal tahun nanti.

Berdasarkan penuturan jajaran kepengurusan Barcelona mengungkapkan pada awal tahun nanti, rencana itu bakal mereka tindaklanjuti, entah ingin tetap bertahan di Nou Camp atau melanjutkan wacana untuk membangun stadion kebanggaan yang baru.

Tim besutan Gerardo Martino itu konon telah ditugaskan untuk membuat sebuah laporan atas kelayakan dari kedua gagasan dengan maksud untuk meningkatkan kapasitas markas mereka mencapai 105,000 tempat duduk.

Kendati perkembangan dari rencana tersebut bakal diadakan pertemuan kembali pada awal pekan, namun direktur Barca tidak akan mengumumkan salah satu pilihan terhadap keputusan itu hingga awal tahun 2014.

“Konstruksi bangunan yang baru rencananya didirikan di tanah Diagonal, salah satu kawasan properti milik Universitas Barcelona, atau alternatif berikutnya, membangun sebuah proyek kembali dengan model stadion baru, tetapi tetap menjaga struktur bangunan Nou Camp,” ungkap juru bicara dewan klub, Toni Freixa, melalui situs resmi klub yang mengungkapkan dua rencana tersebut.

 “Ini merupakan salah satu terobosan penting bagi Barcelona, mengingat usianya sudah cukup lama menjadi salah satu tim terbaik di Eropa dan dikenal luas di kalangan dunia, sehingga kami perlu memiliki salah satu stadion bertaraf internasional dengan fasilitas masa kini.

“Tentu saja masing-masing dari rencana tersebut tetap memiliki kapasitas 105,000 tempat duduk, dan satu hal utama dan terpenting, stadion nanti keseluruhannya akan tertutup               dan akan ada pembangunan Palau baru dengan kapasitas mencapai 12,000 tempat duduk.

“Kemudian kami juga akan memiliki kapasitas tempat duduk yang menjorok dekat lapangan sebanyak 2,000 dan lahan parkir yang dapat menampung 6,000 kendaraan dan akses ke Ciutat Esportiva di Miniestadi.

“Ini merupakan salah satu gambaran yang dapat kami berikan  kepada anda dan dengan harapan semuanya ini bisa berjalan dengan lancar tanpa ada suatu kendala, karena kami telah memiliki segala-galanya dan tinggal dituangkan ke proyek yang sebenarnya.

“Kami telah melangkah ke tahapan yang lebih serius lagi, dan segala informasi juga sudah kami kumpulkan dengan baik, sehingga pada awal tahun nanti, kami akan segera mengeluarkan keputusan dan kepentingan klub, bagi masa depan yang cerah.

Meskipun mega proyek ini kemungkinan bakal memakan dana yang cukup besar, namun Freixa menegaskan kalau hal ini tidak akan mengganggu kestabilan keuangan klub.

“Kami sudah melakukan pengolahan informasi, dan semuanya ini layak dari segi teknis, ekonomi dan kemampuan penduduk sekitar. Kami tidak akan pernah merencanakan sesuatu hal yang dapat mengganggu kestabilan yang dapat mengancam masa depan klub,” tutup Freixa.

Stadion Nou Camp sebelumnya merupakan salah satu stadion yang memiliki kapasitas terbanyak di Eropa, yaitu mencapai 99,354 tempat duduk.