KNVB Was-was Dengan Kondisi Dengan Robin van Persie

KNVB Was-was Dengan Kondisi Dengan Robin van Persie

KNVB Was-was Dengan Kondisi Dengan Robin van Persie – Meski perhelatan Piala Dunia 2014 tinggal menunggu hitungan mundur namun justru membuat pihak KNVB resah. Badan sepakbola tertinggi di Belanda mulai merasakan kegundahan dengan kondisi yang dialami oleh kapten Robin van Persie.

Kapten tim berusia 30 tahun itu sudah tidak tampil membela Manchester United dalam beberapa pertandingan terakhir di musim ini, dan juga penampilannya yang tidak maksimal ketika membela panji negaranya, Belanda, di kualifikasi Piala Dunia 2014 lalu.

Tentu saja ini membuat resah pihak KNVB dan telah melakukan kontak dengan klub raksasa Liga Premier, Manchester United, dengan mempertanyakan permasalahan cedera otot yang kerap kali menimpanya dalam beberapa periode terakhir.

Selain cedera otot, Van Persie juga memiliki beberapa gangguan lainnya yang menghambat penampilannya dalam beberapa laga Manchester United dan hal ini sekaligus mempertanyakan metode latihan yang diterapkan pelatih David Moyes, yang konon menjadi salah satu sumber pemicu cedera sang pemain.

Pada kenyataannya, Van Persie kini memiliki tanggung jawab atas partisipasi pribadinya dan akan memberitahu Moyes jika ia bisa tampil prima untuk berlaga di akhir pekan, maka bukan tidak mungkin penilaian akan ditangguhkan kepada pihak tim medis, ketimbang pelatih berkebangsaan Skotlandia.

Manchester United telah melakukan pemindaian di pusat komplek latihan Carrington dan terus melanjutkan pemantauan cedera yang dialami Van Persie, sementara mereka sangat yakin masa itu bisa berkurang dengan beberapa tahapan istirahat yang dialaminya. Moyes secara terbuka menegaskan kalau pemain berusia 30 tahun itu tidak membutuhkan operasi.

Akan tetapi KNVB ingin mengetahui bagaimana situasi persis yang dialami oleh Van Persie dan mengapa hal ini bisa berlarut-larut, setelah dua musim terakhir tidak pernah berstirahat dalam 90 pertandingan Liga Premier, kini sang bintang justru mengalami beberapa pukulan telak.

Pada November, Van Persie juga terpaksa ditarik dari skuad Belanda untuk menghadapi Jepang dan Kolombia dalam ajang persahabatan lalu karena cedera kaki dan keluhan otot, kemudian juga kehilangan kesempatan bagi mantan penyerang Arsenal itu untuk tampil saat melawan Cardiff dan Bayer Leverkusen.

Bahkan menurut penuturan media setempat mengatakan kalau Moyes dan Van Persie telah bersitegang dalam sebuah pertandingan derby Manchester pada September lalu, setelah mantan ujung tombak Feyenoord Rotterdam itu mendapatkan cedera otot dan berpeluang mengakibatkan cedera yang lebih buruk lagi.

Dengan tegas Van Persie mengungkapkan tensinya mengenai metode latihan yang diterapkan Moyes dan bahkan tidak hanya saat itu saja sang pemain mengkritisi gaya permainan Arsenal dalam persiapan timnya sebelum Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Ternyata keputusan Van Persie tidak sependapat bagi Wayne Rooney. Penyerang andalan tim nasional Inggris menganggap kalau metode latihan David Moyes justru membuat performanya semakin kuat di atas lapangan.

“Sebenarnya, metode pelatihan yang diinginkan sang pelatih memang tidak ringan,” ungkap Rooney. “Tetapi apa yang sudah kami lakukan lebih banyak berlari. Yaitu lari untuk jarak jauh, lebih cepat, dan sprint tanpa henti. Saya melihat hal ini justru menguntungkan saya dari segala sisi. Tentu kondisi saya juga jauh lebih prima dibandingkan sebelumnya.”