Kehadiran Franscesco Totti Di Brazil Menjadi Perdebatan Di Italia

Kehadiran Franscesco Totti Di Brazil Menjadi Perdebatan Di Italia

Kehadiran Francesco Totti Di Brazil Menjadi Perdebatan Di Italia – Berada di grup maut pada Piala Dunia 2014 membuat Italia kini berhitung-hitung kekuatan. Dan salah satu hal yang diperdebatkan di negeri pizza saat ini adalah Francesco Totti, yang konon akan disertakan atau tidak oleh pelatih Cesare Prandelli di Brasil tahun depan.

Kapten AS Roma itu telah memutuskan untuk pensiun dari kancah internasional, satu tahun setelah membawa juara Italia pada Piala Dunia 2006 di Jerman, meski berselang delapan tahun belakangan ini, namanya digembar-gemborkan bakal masuk kembali oleh Prandelli, atas penampilan gemilangnya sejauh ini.

Di usianya yang mencapai 37 tahun, Totti berhasil menunjukkan performa stabil dan bahkan terbaik, meski sempat menjadi sumber inspirasi permainan Roma dengan menorehkan tujuh kemenangan beruntun di kompetisi Serie A sebelum terhampar karena gangguan hamstring, yang menghentikan aksi gemilangnya dan demikian juga dengan Roma dari peringkat teratas dan disingkirkan Juventus.

Walau demikian Totti siap tampil kembali dalam waktu dekat  dan ini menjadi salah satu sumber pertanyaan besar apakah penampilannya bisa meyakinkan Prandelli untuk menyertakannya ke benua Amerika Selatan pada tahun depan.

“Berdasarkan pengamatan seorang pelatih, tentu saya akan membawanya, namun saya pikir hal ini tidak akan maksimal, karena ia berjuang dan kesulitan untuk mengembalikan kondisi kebugarannya dalam turnamen yang diselenggarakan di negara tropis seperti Brasil,” lanjut rekan satu timnya ketika menjuarai Piala Dunia 2006, Gennaro Gattuso.

Sang kapten Squadra Azzura di Jerman, Fabio Cannavaro, juga meyakini bahwa menyertakan Totti penuh dengan resiko.

“Sebagai awalan, mungkin bisa, tetapi bagi saya tentu akan mempertimbang ulang kembali,” tutur Cannavaro.

“Tidak, tentu saja bukan karena apa-apa. Ini merupakan tanggung jawab besar dan jika semua tidak berjalan sesuai dengan rencana, maka banyak pihak tentu akan menyalahkannya. Ini akan menjadi masalah besar bagi Totti.”

Berbeda dibandingkan penuturan dari rekan-rekannya di Italia, mantan tandem Totti di Roma, Gabriel Batistuta, menganggap bahwa Totti sama sekali tidak diragukan lagi kapasitasnya dan sudah sepatutnya ia tampil di skuad Piala Dunia untuk Italia.

“Ia seorang pemain bermental juara dan bisa menjadi pemain multi fungsi bagi tim nasional,” ungkap pemain yang telah menghabiskan karirnya selama tiga tahun dengan Totti saat merebut Scudetto di Roma. “Pemain sepertinya sangat unik dan abadi. Saya ingin tahu siapa dokter pribadi dan pendeta-nya.”

 Totti sudah kembali berlatih penuh dengan rekan-rekannya di Roma pada Kamis pekan ini dan kemungkinan sudah dapat meluncur kembali ke dalam skuad kepelatihan Rudi Garcia, yang akan menghadapi Fiorentina.

Giallorossi baru mengantongi dua kemenangan dan menorehkan empat pertandingan dengan hasil imbang secara berturut-turut tanpa ada kehadiran sang kapten, di mana kini mereka terpaut tiga angka dari peringkat teratas Juventus.