Juara Piala Dunia Siapa Layak Tangani Timnas Irlandia?

Juara Piala Dunia Siapa Layak Tangani Timnas Irlandia

Juara Piala Dunia Siapa Layak Tangani Timnas Irlandia? – Republik Irlandia kini tengah mencari orang yang tepat untuk menduduki jabatan sebagai pelatih utama tim nasional mereka, menyusul keputusan Giovanni Trapattoni untuk mundur dari posisi tersebut di hari Rabu atas keinginannya sendiri.

Posisi pelatih asal Italia itu memang berada di ujung tanduk setelah anak-anak asuhnya kalah 1-0 dari Austria di laga penting lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2014 Zona Eropa. Kekalahan ini berarti harapan Irlandia untuk berlaga di Brasil tahun depan sudah hampir-hampir terkubur, sebab peringkat akhir mereka mash akan ditentukan oleh hasil pertandingan lain, meski Irlandia mampu menang di dua pertandingan sisa.

Spekulasi mengenai masa depan Trapattoni pun tidak berlangsung begitu lama, setelah FA Irlandia memutuskan mengadakan rapat khusus untuk membahas mengenai hal tersebut.

Tampaknya justru FA Irlandia yang kemudian memutuskan bahwa Trapattoni harus lengser dari jabatannya sebagai pelatih utama, meski sang pelatih mengklaim bahwa dirinya mundur atas keinginannya sendiri.

Menurut Chief Executive dari FA Irlandia, John Delaney, ada lima orang kandidat kuat yang diproyeksikan bakal menukangi tim nasional Irlandia di masa mendatang. Berikut pernyataan yang ia ungkapkan kepada Newstalk: “Saya rasa nama-nama seperti Mick, Brian McDermott, Chris Hughton, Roy Keane, semuanya layak untuk dipertimbangkan, termasuk juga Martin O’Neill”

“Saya tidak ingin memberikan komentar mengenai peluang dari masing-masing individu tersebut. Mick sudah melakukan kerja yang bagus untuk Irlandia di masa lalu dan hal yang sama ia tunjukkan di Inggris. Kami akan mengkaji lebih dalam mengenai tugas-tugas pelatih dalam beberapa pekan mendatang”

Berikut adalah ulasan singkat mengenai beberapa pelatih yang bakal menjadi kandidat bagus untuk memperkuat Irlandia Juara Piala Dunia.

Martin O’Neill

O’Neill saat ini tidak menukangi klub manapun setelah dirinya dipecat oleh Sunderland. Meski gagal membawa prestasi baik bagi the Saints musim lalu, mantan manajer Aston Villa itu masih mendapatkan respek dari fans dan komunitas pelatih profesional di seluruh Eropa.

Mick McCarthy

Mantan pelatih timnas Irlandia ini tengah menangani klub divisi Championship, Ipswich Town. Pria yang lahir di Yorkshire ini juga pernah membela timnas sebagai pemain. Ia kerap beroperasi di sektor tengah sebagai pemain bertahan. Setelah melatih Irlandia di tahun 2002, dia kemudian menghabiskan musim berikutnya di Sunderland dan Wolves, di mana itu merupakan salah satu titik puncak dalam karirnya sebagai pelatih. Namun di akhir tahun 2012 ia musti menerima kenyataan dipecat dari Wolves.

Chris Hughton

Sama seperti McCharty, Hughton juga pernah membela timnas Irlandia sebagai pemain dan menjadi rekan satu tim McCharty. Hughton sendiri mampu membangun reputasi baik sebagai seorang manajer, setelah menghabiskan waktu beberapa tahun di dunia kepelatihan sepakbola.

Sebelumnya ia sempat menukangi Newcastle di tahun 2008, mampu membawa the Magpies promosi ke Premier League, namun dipecat karena hanya mampu membawa klub finish di papan tengah pada musim berikutnya Juara Piala Dunia.