Juara Piala Dunia Prandelli Tolak Gunakan Pemain Muda Di Timnas

Juara Piala Dunia Prandelli Tolak Gunakan Pemain Muda Di Timnas

Prandelli Tolak Gunakan Pemain Muda Di Timnas Juara Piala Dunia – Pelatih utama dari tim nasional Italia, Cesare Prandelli mengatakan bahwa para pemain muda yang sudah mendapatkan panggilan untuk membela tim nasional tidak akan mendapatkan tempat utama di dalam skuad inti, kecuali mereka sudah benar-benar siap.

Tim asuhan Prandelli akan menghadapi Bulgaria di Palermo di hari Jumat ini dan kemenangan demi kemenangan tentunya akan membawa tim asuhannya selangkah lebih dekat untuk berlaga di Piala Dunia. Pelatih yang pernah menukangi Parma itu pun juga tertarik untuk membicarakan perkembangan talenta muda yang ada di persepakbolaan Italia saat ini.

Prandelli beberapa waktu lalu sempat menyuarakan keinginannya kepada semua jajaran kontestan Serie A untuk lebih banyak menggunakan pemain lokal ketimbang mengontrak pemain asing. Hal tersebut ia ungkapkan setelah melihat pertandingan Catania melawan Fiorentina di tanggal 26 Agustus. Kala itu sembilan dari pemain yang masuk di dalam jajaran starting lineup Catania justru berkebangsaan Argentina.

Namun satu hari sebelum laga kualifikasi yang musti dijalani untuk mencapai putaran final Piala Dunia 2014 tersebut, Prandelli menolak kemungkinan untuk lebih banyak menggunakan pemain muda di dalam skuad yang ia pimpin. Dirinya mengungkapkan bahwa para pemain muda tersebut harus banyak menghabiskan waktu mereka untuk belajar dari para senior yang ada di skuad, termsuk di antaranya wakil kapten Giorgio Chiellini.

“Hari ini saya bertanya kepada Chiellini berapa banyak pertandingan yang sudah ia mainkan bersama tim nasional dan dia menjawah 64 kali dan dia sudah bermain sebagai pemain reguler semenjak tahun 2008″, sebagaimana dinyatakan oleh Prandelli di hari Kamis.

“Sebelum tahun 2008 ia kadang mendapatkan panggilan timnas, namun tak jarang menghabiskan waktu di bangku cadangan Juara Piala Dunia

“Ini adalah jalan yang wajar ditempuh untuk seorang pemain baru. Mereka harus mengikuti contoh yang diberikan oleh para juara-juara besar yang sudah ada sebelum mereka, tetap rendah hati dan menikmati pengalaman yang ada”

“Ketika mereka memiliki kepribadian yang tepat dan kemampuan untuk mengenakan seragam tim nasional dan menanggung semua beban yang ada, maka mereka sudah dipastikan akan menjadi pemain reguler”

Dalam pertandingan melawan Argentina di bulan Agustus, Prandelli memilih pemain di daftar starting lineup dengan rata-rata umur 27.91. Saat itu pemain senior seperti Andrea Pirlo dan Andrea Barzagli – keduanya bermain di Juventus dan kini berusia 34 dan 32 tahun – tidak termasuk di dalam daftar pemain inti.

Namun ketika Italia bermain di Piala Konfederasi menghadapi Spanyol di babak semi final pada bulan Juni, sekaligus merupakan laga kompetitif terakhir mereka hingga saat ini, starting lineup yang ditampilkan oleh Prandelli memiliki rataan umur 29.91.

Oleh karena itu banyak orang menduga bahwa Prandelli akan menggunakan formula yang sama ketika memimpin timnya menghadapi Bulgaria dan bertandang ke Republik Ceska di hari Rabu Juara Piala Dunia.