Juara Piala Dunia Platini Beri Saran Piala Dunia Nantinya Diikuti 40 Peserta

Juara Piala Dunia Platini Beri Saran Piala Dunia Nantinya Diikuti 40 Peserta

Juara Piala Dunia Platini Beri Saran Piala Dunia Nantinya Diikuti 40 Peserta – Presiden UEFA Michel Platini sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu orang dibalik lahirnya berbagai keputusan – keputusan kontroversial dan ide – ide unik di dalam sepak bola di Eropa khususnya. Sebut saja beberapa keputusan yang diambil oleh mantan pemain tim nasional Prancis ini terkait dengan keputusannya yang menolak dengan tegas penggunaan teknologi garis gawang di kompetisi elit Liga Champions Eropa karena menurutnya dengan teknologi tersebut sepak bola sudah seperti tidak ‘dimanusiakan’ lagi dengan adanya teknologi.

Ia justru akhirnya menggunakan dua wasit tambahan dalam setiap pertandingan yang berada di belakang gawang untuk mengamati bola dan memberikan opini nya kepada wasit utama yang natinya akan memutuskan apakah gol tersebut sah atau tidak. Meski banyak pro dan kontra dalam setiap keputusannya namun mantan pemain Juventus ini tak pernah habisnya melayangkan berabgai macam ide – ide unik meski tak sedikit yang mengecamnya akibat ide – ide uniknya tersebut.

Berawal dari usulan presiden FIFA Sepp Bletter yang ingin menambah kuota tim nasional dari benua Asia dan Afrika dengan tetap mempertahankan format kompetisi 32 tim yang telah terbangung sejak Piala Dunia – Piala Dunia sebelumnya. Tentu saja hal ini merujuk pada wakil dari benua biru Eropa yang memang memiliki wakil terbanyak di kompetisi empat tahunan tersebut dibanding benua lainnya seperti Amerika Selatan, Amerika Tengah, Asia dan Afrika.

Namun Presiden UEFA Michel Platini justru memberikan saran unik kepada presiden FIFA Sepp Bletter dengan mengatkan bahwa daripada mengurangi jumlah wakil dari Eropa mengapa tidak menambah jumlah peserta Piala Dunia saja menjadi 40 peserta. Penambahan delapan peserta tersebut menurut Michel Platini dibagi rata bagi tiap – tiap benua yakni dua untuk Asia, dua untuk Afrika, satu tim untuk Amerika dan satu tim tambahan bagi benua Eropa. Menurutnya hal tersebut lebih baik dibanding harus mengorbankan wakil dari benua Eropa yang memang memiliki tradisi cukup lama dengan kompetisi empat tahunan tersebut.

“Menurut saya dibanding harus mengurangi jumlah wakil dari Eropa saya lebih setuju apabila FIFA memutuskan untuk menambahkan jumlah pesert Piala Dunia menjadi 40 peserta dan tambahan delapan peserta tersebut dibagi rata bagi tiap – tiap benua yakni dengan menambahkan dua wakil bagi Asia, Afrika serta satu tamabahan lagi bagi benua Eropa dan juga Amerika dengan begitu kompetisi akan berjalan semakin seru. Jika kebijakan ini benar – benar diterapkan saya adalah orang pertama yang akan mendukung kebijakan ini” ungkap Platini. Menurutnya penambahan ini juga untuk mengakomodir perkembangan dunia sepak bola saat ini yang sudah jauh berkembang dibanding sebelumnya dan menurutnya 32 peserta terlalu sedikit bagi kompetisi akbar antar negara dunia seperti Piala Dunia Juara Piala Dunia.