Juara Piala Dunia Laos Tenggelam Oleh Tiga Gol Garuda Muda

Juara Piala Dunia Laos Tenggelam Oleh Tiga Gol Garuda Muda

Juara Piala Dunia Laos Tenggelam Oleh Tiga Gol Garuda Muda – Laga perdana Timnas Indonesia U-23 di MNC Cup sukses diawali dengan kemenangan. Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, pada Kamis malam, menjadi saksi kegagahan Garuda Muda menaklukkan Laos U-23 dengan skor 3-0.

Indonesia langsung mencoba memberikan tekanan ke pertahanan Laos dan tampil dengan kepercayaan diri tinggi. Sayangnya justru tim Laos U-23  yang sukses mendominasi jalannya pertandingan. Laos mampu mendapatkan dua peluang emas untuk mencetak gol hanya dalam tempo lima menit dari peluit tanda di mulainya pertandingan.

Pada menit keempat pemain Laos dijatuhkan Egi Melgiansyah di kotak penalti. Kejadian itu membuat Wasit menunjuk titik putih di depan gawang Indonesia. Beruntung, Soukaphone Vongchiengkham gagal memaksimalkan peluang tersebut.

Satu menit kemudian Sopha Saysana yang mendapatkan peluang buah dari kelengahan Andri Ibo. Lagi-lagi peluang tersebut gagal di manfaatkan setelah tendangan yang di lakukannya melebar ke sisi kanan gawang Kurnia Meiga Hermansyah.

Indonesia mencoba membalas dengan memberikan tekanan ke pertahanan Laos setelah beberapa peluang tersebut. Namun pertahanan Laos yang disiplinnya selalu mengkandaskan setiap serangan Indonesia.

Gol pertama untuk Garuda Muda akhirnya datang ketika pertandingan babak pertama memasuki menit-menit akhir. Andik Vermansyah mengawali pergerakan di sisi kanan pertahanan Laos dan sukses memberikan umpan kepada Ramdani Lestaluhu yang telah menunggu di depan gawang Laos. 1-0 untuk keunggulan Indonesia di babak pertama.

Indonesia mencoba menambah keunggulan di babak kedua. Sunarto pada menit ke-56 melakukan sebuah usaha di depan gawang Laos, namun masih belum mampu mengubah skor. Sundulannya hanya melambung dari mistar gawang Chintana Souksavath.

Ketika pertandingan memasuki menit ke-73, upaya Garuda Muda untuk menambah keunggulan akhirnya terwujud. Hanya dalam tempo tiga menit, Indonesia mampu mencetak dua gol tambahan ke gawang Laos dari tiga peluang emas yang didapat.

Tendangan keras Andik Vermansyah dari luar kotak penalti dan akselerasi dari Alfin Tuasalamony, adalah peluang yang sukses menjadi gol. Sementara tendangan Fandi Eko Utomo adalah satu peluang yang gagal berbuah gol dan hanya membentur tiang gawang Laos.

Setelah berhasil menambah dua gol tambahan dalam tempo cepat membuat semangat tim yang di racik oleh pelatih kawakan Rahmad Darmawan semakin tinggi. Garuda Muda pun terus melancarkan serangan demi serangan.

Indonesia sejatinya dapat menambah keunggulan pada menit akhir, andai tendangan Fandi Eko Utomo yang tak terkawal di muka gawang tak melenceng tipis di sisi kiri gawang Laos. Hasil pertandingan 3-0 pun bertahan hingga pertandingan usai.

Indonesia U-23: Kurnia Meiga, Andri Ibo, Manahati Lestusen, Alfin Ismail Tuasalamony, Diego Michiels (Ronny); Rizky Pellu, Andik Vermansah, Rizki Ramdani Lestaluhu, Egi Melgiansyah, Yohanes Fernando Pahabol; Sunarto (Fandi Eko Utomo).

Laos U-23: Chintana Souksavath; Ketsada Souksavanh, Khampoumy Hanevilay, Sengdao Inthitath; Phatthana Syvilay, Manolom Phomsouvanh, Phoutdavy Phommasane; Khonesavanh Sihavong, Chanthaphone Waenvongsoth, Sopha Saysana (Shivongtong), Soukaphone Vongchiengkham Juara Piala Dunia.