Juara Piala Dunia Kembalinya Il Sette Magnifico Serie A

Juara Piala Dunia Kembalinya Il Sette Magnifico Serie A – Lihat tabel classifica alias klasemen Serie A musim ini. Apa yang anda lihat? Ya ketat dan kompetitif plus enam dari tujuh besar klasemen adalah klub-klub yang memang secara tradisional dianggap besar di Italia. Roma, Napoli, Juventus, Inter, Fiorentina dan Lazio adalah klub dengan basis pendukung terbanyak dan terbesar di Italia. Hanya kurang satu klub lagi yakni AC Milan maka era tujuh klub besar alias il sette magnifico kembali lagi di Serie A.

                Akhir dekade 90-an memang Italia diwarnai oleh kehadiran tujuh klub besar yang mendominasi kompetisi di Italia yakni tujuh klub tersebut dengan Napoli diganti oleh Parma. Jadi il sette magnifico ketika itu adalag Juventus, AC Milan, Inter, Fiorentina, Lazio, Roma dan Parma, sebelum Parma bangkrut karena sponsor utama mereka perusahaan keju dan susu Parmalat gulung tikar. Padahal Parma adalah juara terakhir Piala UEFA sebelum dilebur dengan Piala Winners belum lagi Parma juga melahirkan berbagai macam bintang seperti Hernan Crespo, Enrico Chiesa dan bek serta kiper legendaris yang membawa Italia juara dunia tahun 2006, Fabio Cannavaro dan Gianluigi Buffon.

                Kemudian badai kebangkrutan melanda Parma dan juga Fiorentina akibatnya dua tim itu ketika dihidupkan kembali harus merangkak dari divisi paling bawah di Italia Serie C2. Kompetisi Serie A berkurang kompetitifnya karena Serie A seolah kemudian dikuasai Italia bagian Utara sampai Tengah diwakili hanya tiga kota: Turin yang menaungi Juventus, Milan tempat bermukim Inter dan AC Milan serta Roma, kota di mana Lazio dan Roma berada

Belum lagi pada tahun 2006 kemudian, Lega Calcio mendapat sebuah kasus skandal besar yakni Calciopoli yang melibatkan Juventus dan Milan. Otomatis kompetisi Serie A bahkan hanya mengerucut kepada kedua klub yang bersih dan tidak terkena skandal: Inter dan Roma. Inter bahkan kemudian seperti mendapat durian runtuh dengan menjadi scudetto pada tahun 2006 dan selama lima tahun beruntun menjadi penguasa Italia. Inter memang selalu diganggu Roma selama rentang waktu itu tetapi Roma tidak pernah bisa meruntuhkan dominasi Inter Milan ternyata.

Memasuki musim ini dengan sejumlah perubahan sebagian besar klub Liga Italia. Juventus mendatangkan Tevez. Inter mengganti Stramaccioni dengan Mazzari. Napoli kehilangan banteng mereka Edinson Cavani tetapi kedatangan Gonzalo Higuain serta Roma yang juga kedatangan pelatih Rudi Garcia. Sejauh ini kompetisi menjadi seru. Minus AC Milan yang masih belum konsisten menang. Tapi, ingat musim-musim sebelumnya juga di awal Milan lambat panas tetapi kemudian mencatatkan kemenangan berurutan sehingga mereka bisa bertengger di posisi ketiga Liga Italia dan berhak mendapat jatah bermain di kasta tertinggi kompetisi antarklub Eropa Liga Champions. Memang Serie A baru berjalan enam pekan tetapi sepertinya kita akan disajikan kembali kompetisi ketat ala Italia seperti dekade 90-an.