Juara Piala Dunia Format Baru Pembagian Grup Playoff IPL

Juara Piala Dunia Format Baru Pembagian Grup Playoff  IPL

Juara Piala Dunia Format Baru Pembagian Grup Playoff  IPL – Untuk format baru Kompetisi Indonesia Premier League ( IPL ) dan Divisi Utama, LPIS sama sekali tidak akan dilibatkan, karena PSSI yang akan mengurus dan meng – handle kedua kompetisi tersebut. Kelangsungan PT Liga Prima Indonesia Sportindo ( PT LPIS ) sebagai operator kompetisi akhirnya benar – benar berakhir. Karena tadi malam di hotel The Sultan Jakarta keputusuan tersebut lahir setelah terjadi pertemuan antara PSSI dan klub – klub yang berada di bawah PT LPIS, yang di hadiri sebanyak 23 klub undangan .

Sebelas klub di antara mereka berasal dari IPL dan selain itu berasal dari klub – klub Divisi Utama. Setelah PSSI akan menghelat IPL dengan format baru, menjadikan ketidak jelasan kelanjutan IPL pada musim ini, misalnya saja kemarin ada dua pertandingan antara PSLS v Bontang FC dan PSIR Rembang v Persiba Bantul yang gagal di gelar karena inisiatif klub. Pembatalan laga tersebut terjadi setelah Ketua Panpel PSIR Tri Cahyo Rismawanto menerima kabar bahwa perwakilan Manajemen Persiba menyampaikan kabar bahwa tidak jadi berangkat ke Rembang. “Setelah mendapat kabar tersebut, demi kebaikan bersama, kami pun menyarankan kubu Persiba agar memberitahukan pula pembatalan tersebut kepada PT LPIS “,

Konsep Playoff format setengah kompetisi  merupakan format baru IPL yang diambil alih dan dijalankan PSSI. Bakalnya yang mengikuti kompetisi tersebut tidak sebelas klub keseluruhan tetapi hanya sebanyak sepuluh klub di antara mereka yang akan di bagi menjadi dua grup. Setiap grupnya beranggotakan lima klub, dan karena mendapat wildcard Semen Padang tidak perlu mengikuti babak Playoff, sehingga Semen Padang langsung lolos ke verifikasi. Di verifikasi nanti dari sepuluh klub yang bertanding di palyoff disaring menjadi enam klub, di setiap grupnya akan diambil tiga klub teratas. Dengan begitu ada tujuh klub  setelah ditambah dengan Semen Padang, tujuh klub nantinya di verifikasi. Setelah di verifikasi yang nanti akan menetukan empat klub calon penghuni Unifikasi liga di musim depan.

Divisi Utama yang hanya tinggal menyelesaikan laga semifinal dan final juga di handle PSSI, jadi yang di handle PSSI bukan hanya IPL saja. Pencabutan mandat penyelenggaran IPL dari LPIS itu sudah dapat di prediksi sejak awal. Pihak LPIS menyatakan tidak begitu kaget dengan keputusan PSSI tersebut.  Tidak hanya pendepakan LPIS  soal diberikannya wildcard kepada Semen Padang juga sudah bisa di baca sejak awal , apalagi di antara klub – klub papan atas IPL. Kabau Sirah julukan Semen Padang yang baru saja tersingkir di perempat Final Piala AFC tersebut termasuk paling lengkap dan memenuhi syarat baik di lihat dari segi prestasi maupun manajemennya Juara Piala Dunia.