Juara Piala Dunia Campbell Mengatakan Rasisme Menghalangi Pelatih Berkulit Hitam

Juara Piala Dunia Campbell Mengatakan Rasisme Menghalangi Pelatih Berkulit Hitam

Juara Piala Dunia Campbell Mengatakan Rasisme Menghalangi Pelatih Berkulit Hitam – Mantan pemain belakang Tottenham, Arsenal dan bek andalan tim nasional Inggris Sol Campbell mengatakan dia mungkin harus pergi ke luar negeri untuk pindah ke pelatihan karena prasangka dan rusaknya hubungan dirinya dengan Asosiasi Sepakbola Inggris.

Campbell yang memenangkan 73 caps Inggris, tengah berupaya untuk mendapatkan lisensi-A, kualifikasi pembinaan tertinggi kedua untuk pertandingan UEFA.

Tetapi dia yakin sikap yang berlaku dalam permainan profesional berarti “tidak ada kesempatan” untuk dia di negara di mana hanya ada empat manajer kulit hitam – Chris Hughton, Paul Ince, Chris Powell dan Chris Kiwomya – bekerja di empat divisi teratas.

“Saya ingin memulai di luar negeri,” kata Campbell kepada Guardian. “Tidak ada peluang bagi saya di sini – tidak sampai ada perubahan sikap.”

“Setiap orang harus bertanya pada diri sendiri mengapa tidak ada manajer yang lebih hitam di negeri ini, dan mengapa orang-orang seperti Brian Deane [mantan penyerang Sheffield United dan Leeds sekarang bekerja di Norwegia] harus pergi ke luar negeri untuk mendapatkan kesempatan.”

“Saya sudah bicara dengan pemain kulit hitam lain yang ingin melatih, dan mereka merasakan hal yang sama. Bahwa sikap di sini adalah kuno. Saya berharap dan berdoa akan terjadi perubahan lingkungan.”

Campbell juga mengecam FA dengan mengatakan bahwa dia telah memberikan “hati dan jiwa” nya untuk tim Inggris, tapi menuduh badan sepak bola Inggris untuk mengubah kembali pada saat dia punya “masalah” tentang apa yang dia tidak mau mengungkapkan secara rinci.

“Mereka mencoba untuk membantu saya setelah itu, tapi mereka tidak pernah proaktif,” tambahnya. “Bahkan setelah itu, saya masih ingin melakukan sesuatu dengan setup Inggris, dan mereka mengatakan mereka tertarik, tapi ketertarikan itu berlalu begitu saja dengan dingin.”

“Tiba-tiba, Gary Neville muncul sebagai asisten manajer. Hal ini jelas mereka ingin orang-orang baik yang tidak akan menyebabkan mereka masalah. Saya ibarat mengeluarkan sebuah cabang zaitun dan itu bisa rusak, tapi saya siap untuk melanjutkan karir di luar negeri.”

Sulzeer Jeremiah “Sol” Campbell (lahir 18 September 1974) adalah pemain veteran sepak bola Inggris. Sebagai bek tengah, Campbell telah bermain untuk Tottenham Hotspur, Arsenal, Portsmouth, Notts County dan Newcastle United, serta tim nasional Inggris.

Lahir di timur London dengan orang tua Jamaika, debut profesional Campbell adalah pada usia 18 tahun untuk klub Liga Premier FA Tottenham Hotspur pada Desember 1992. Campbell menghabiskan sembilan tahun di Tottenham, mencetak 10 gol dalam 255 penampilan, dan menjadi kapten tim untuk kemenangan di Football League Cup Final 1999 melawan klub Liga Utama Leicester City. Pada tahun 2001 ia bergabung dengan Tottenham rival London Utara Arsenal, transfer bebas pertama pemain berprofil tinggi dalam Liga Primer di bawah aturan Bosman Juara Piala Dunia.