Joachim Loew Menolak Untuk Memilih Pada Ballon d’Or 2013

Joachim Loew Menolak Untuk Memilih Pada Ballon d’Or 2013

Joachim Loew Menolak Untuk Memilih Pada Ballon d’Or 2013 – Nominasi Ballon d’Or sudah diumumkan. Publikasi telah tersebar ke mana-mana. Era sosial media dunia maya memungkinkan hal itu terjadi dengan cepat. Ada 55 nama yang masuk dalam daftar kandidat untuk menjadi pemain terbaik dunia tahun 2013. 55 nama ini kemudian akan dipilih oleh para pelatih tim nasional negara yang terdapat dalam naungan FIFA.

Para wartawan yang menjadi official partner FIFA juga mempunyai hak pilih untuk menentukan siapa yang menjadi pemain terbaik di jagat raya. Tetapi, ada satu kejutan ketika seorang pelatih menolak memberikan suaranya untuk memilih seorang kandidat. Joachim Loew yang merupakan pelatih tim nasional Jerman menyatakan tidak akan memberikan suaranya di Ballon d’Or tahun ini.

Padahal ada lima pemain Jerman dari daftar tersebut. Tetapi, pelatih Der Panzer sudah menegaskan bahwa dia tidak akan menggunakan kesempatan untuk memberikan voting pada Ballon d’Or. Asosiasi Sepakbola Jerman alias DFB yang mengungkapkan hal ini. Lima pemain Jerman yang masuk dalam kandidat tahunan penghargaan FIFA adalah empat bintang Bayern Munich yakni Manuel Neuer, Philipp Lahm, Bastian Schweinsteiger dan Thomas Muller dan playmaker Arsenal; Mesut Ozil. Tetapi karena semua pilihan penghargaan individu akan diumumkan secara terbuka kepada publik setelah seremoni penyerahan penghargaan, maka bos Die Mannschaft tersebut sudah memutuskan tidak akan memberikan suaranya. Alasannya adalah dikhawatirkan pilihannya berpotensi untuk menimbulkan disharmoni dengan mengungkapkan siapa yang dia anggap terbaik.

Juru bicara DFB yakni Jens Gritter mengungkapkan pada wartawan Sport Bild alasan Loew tidak mau menggunakan hak suaranya. “Dia tidak bisa memberikan suaranya dengan cara yang seperti itu. Itu namanya parsial kata Loew. Pemilihan seharusnya imparsial. Maka oleh karena itu dia memutuskan untuk abstain. Pada sisi lain adalah sebuah kehormatan bagi sepak bola Jerman mempunyai lima kandidat di antara 55 daftar nama yang ada. Tetapi, ketika FIFA memutuskan untuk mempublikasikan siapa memilih siapa, itu akan membuat para pelatih pada satu sisi transparan tetapi di sisi lain menunjukkan parsialitas.

Pemilih mempunyai kesempatan untuk memilih pemain terbaik pertama, kedua dan ketiga untuk dijadikan pemain terbaik. Artinya jika Loew memilih semua pemain Jerman maka Loew akan tidak memilih dua pemain lainnya. Untuk alasan itulah akhirnya Joachim Loew memilih untuk tidak memilih. Sehingga suara dari tim nasional Jerman adalah nol.

Tidak memilih satu pemain sama sekali. Loew sendiri tidak mengungkapkan secara pribadi karena dia sudah menyerahkan semua urusan ke wartawan kepada DFB. Loew lebih memilih berfokus untuk meneliti para pemain mana saja yang sedang dalam performa luar biasa untuk dia pantau dan dia masukkan ke tim nasional Jerman. Loew ingin sekali Jerman menjadi juara pada pagelaran sepak bola terbesar tahun depan.