Berita Piala Dunia Total Football

Berita Piala Dunia Total FootballBerita Piala DuniaSepak bola bukan sekadar permainan. Seperti sihir, sepak bola bisa melahirkan begitu banyak  keajaiban.  Keajaiban yang terkadang orang tidak menyangka akan terlahir lewat sepak bola. Gol-gol indah, gaya-gaya unik pendukung, taktik-taktik jenius para pelatih adalah beberapa keajaiban yang dilahirkan sepak bola. Tahun 1974 lahir sebuah gaya bermain yang membuat orang seperti tidak ingin beranjak dari stadion atau pergi meninggalkan televisi yang menyiarkan siaran langsung, bahkan jika ada orang yang sedang mendengarkan pertandingan sepak bola melalui radio, mereka akan membuat sekitarnya hening hanya suara komentator yang dipancarkan radio saja yang terdengar. Gaya bermain itu adalah sepak bola total alias total football.

Marinus Jacobus Hendricus Michels atau lebih populer dengan nama; Rinus Michels adalah orang yang berjasa memperkenalkan pada dunia taktik jitu ini. Awalnya Michels mengujicobakan taktik ini ke klub yang dilatihnya; Ajax Amsterdam. Dia bertanya-tanya, kenapa seorang pemain bertahan tidak boleh maju ke depan atau sebaliknya apakah seorang penyerang tidak boleh mundur ke belakang? Padahal dalam aturan FIFA hal itu tidak diatur. Michels kemudian menginstruksikan anak-anak asuhannya di Ajax Amsterdam untuk bertukar posisi pada saat latihan. Setelah yakin dengan hasil latihan para pemain Ajax, sang Jenderal, julukan Michels, menyuruh para pemainnya untuk melakukan pertukaran posisi terus  menerus dalam pertandingan sesungguhnya – Berita Piala Dunia.

Hasilnya sungguh luar biasa. Ajax Amsterdam dibuatnya mengikuti jejak Real Madrid sebagai klub yang berhasil menjuarai Piala Champions tiga kali berturut-turut tahun 1971, 1972 dan 1973. Walau Michels akhirnya pindah ke Barcelona seusai membawa Ajax juara Eropa untuk pertama kalinya namun fondasi dasar totaalvoetbal sudah ditanamkan Michels kepada para pemain Ajax. Ajax sendiri menerapkan gaya bermain tersebut saat bersama pemain yang paling fasih memainkan total football; Johan Cruyff.

Orkestrasi Michels dengan Cruyff berlanjut ke tim nasional Belanda tahun 1974. Belanda menjadi tim yang paling atraktif di Piala Dunia 1974 bahkan menorehkan rekor pertandingan impresif sepanjang tahun itu yakni tidak pernah terkalahkan dalam sembilan pertandingan dengan catatan kemenangan sebanyak lima kali sisanya seri dan kebobolan hanya sekali. Di Final Piala Dunia 1974, Belanda sebenarnya unggul terlebih dahulu dari tim tuan rumah, Jerman Barat, namun sepertinya kesombongan karena sudah menang di pertandingan pertama melawan musuh yang sama membuat Belanda lengah. Harga yang harus dibayar mahal karena setelah itu Belanda hanya bisa terperangah menyaksikan Jerman Barat menjadi juara dunia untuk kedua kalinya. Belanda memang mendapatkan gelar kehormatan “juara dunia tanpa mahkota” pun gaya bermain total football kini dipakai oleh hampir seluruh tim sepak bola di mana pemain belakang ikut maju menyerang dan pemain depan ikut mundur bertahan – Berita Piala Dunia.

Ditulis oleh Juara Piala Dunia Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Apabila anda hendak mengutip, baik itu seluruh atau sebagian dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://juarapialadunia.com/berita-piala-dunia-total-football/ Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.